Keuntungan Membuat Blog Di WordPress

Keuntungan Membuat Blog Di WordPress – Selain media sosial, blog adalah media lain untuk berekspresi sebagai bentuk realisasi diri. Melalui blog, kita bebas menulis dan mengunggah apa yang kita inginkan tanpa batasan. Kita bisa mengunggah foto, video, atau bahkan teks saja.

Masih bingung bagaimana cara membuat blog sendiri? Jika Anda masih kesulitan membuat blog di WordPress untuk pemula, Anda perlu melihat langkah-langkah berikut.

Keuntungan Membuat Blog Di WordPress

Keuntungan Membuat Blog Di WordPress

Langkah 1: Langkah pertama jika ingin membuat blog di WordPress untuk pemula adalah buka WordPress.com disini, lalu klik Start untuk membuat blog sendiri.

Langkah 2: Daftar dengan mengisi data pribadi berikut. Namun, jika Anda memiliki akun Google, klik saja Continue With Google. Dengan mengklik opsi ini, Anda tidak perlu lagi mengisi data pribadi Anda

Langkah 3: Pilih jenis blog yang akan Anda buat. Baik itu blog biasa, blog untuk bisnis, profesional atau untuk toko online. Setiap jenis blog memiliki spesifikasi yang berbeda-beda, jangan sampai Anda salah memilih. Jika Anda hanya ingin membuat blog biasa, klik Blog pada opsi berikut

Langkah 4: Setelah jenis blog dipilih, lanjutkan dengan pemilihan topik atau topik yang akan Anda bahas di blog Anda. Anda hanya diperbolehkan memilih satu topik untuk blog Anda

Langkah 5: Buat nama blog Anda. Agar blog Anda mudah diingat oleh pembaca Anda, pilihlah nama blog yang singkat namun menarik dan unik. Jangan terlalu lama karena akan mempersulit Anda

Langkah 6: Jika sudah, pilih alamat blog Anda. Anda bisa memilih berbagai nama dan domain yang harganya sesuai dengan kemampuan Anda. Namun, jika Anda tetap ingin menikmati blog gratisan, masih dalam pilihan tersebut

Langkah 7: Lanjutkan untuk memilih paket pembayaran untuk blog Anda selama setahun. Jika Anda merasa blog dengan domain gratis sudah cukup, Anda bisa klik Start With a Free Site

Langkah 8: Voila! Blog pribadi Anda di WordPress siap dan siap untuk Anda isi dengan ide dan gambar Anda. Upload konten secara konsisten agar banyak orang yang datang membaca blog Anda!

Keuntungan Membuat Blog Di WordPress

Tidak sulit bukan bagaimana cara membuat blog pribadi di wordpress untuk pemula? Anda dapat memulai karir Anda sebagai blogger dengan mengikuti langkah-langkah mudah di atas. Jika Anda konsisten dalam menulis, bukan tidak mungkin Anda akan meraup banyak keuntungan dari blog Anda. Semoga berhasil!) di halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali diterbitkan dengan urutan isi paling baru sebelum disusul dengan isi terlama. Website seperti ini umumnya dapat diakses oleh semua pengguna internet tergantung topik dan tujuan dari pengguna blog tersebut.

Membuat blog adalah cara efektif bagi kita untuk menyalurkan ide dan ilmu kepada banyak orang. Banyak juga blog sebagai cara mendapatkan uang dari internet.

Yang cukup populer di dunia. Sejauh ini, 39{50d5d3ca4b382fc55dc1adfea476d05fdc4416f179a947dc4bb4588d6301708b} persen situs web di dunia dibuat dengan WordPress (Sumber: WordPress).

, di situs web toko online. Dengan semakin banyaknya pengguna WordPress, semakin banyak tutorial dan tips di Internet yang memudahkan Anda mempelajari cara membuat situs web.

WordPress terdiri dari dua jenis, yaitu WordPress.com dan WordPress.org. Perbedaan kedua jenis WordPress ini terletak pada penggunaan hosting.

Untuk penggunanya. Artinya, pengguna tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk menyewa layanan hosting, karena WordPress sudah langsung menyediakannya secara gratis.

Sedangkan WordPress.org merupakan jenis WordPress yang memungkinkan Anda untuk menggunakan layanan hosting sesuai dengan keinginan Anda. Anda dapat menggunakan fitur WordPress yang tersedia tanpa batas. Ini baik

5. WordPress juga menyediakan beberapa paket premium untuk mendapatkan fitur yang lebih lengkap. Dan untuk penggunaan gratis, klik “mulai dengan situs gratis” di bagian atas.

Itulah cara membuat blog dengan WordPress.com dan WordPress.org. Memutuskan jenis WordPress mana yang akan digunakan bergantung pada kebutuhan Anda.

WordPress.com gratis, tetapi beberapa syarat dan ketentuan berlaku. Sedangkan WordPress.org mengharuskan Anda membayar biaya

Mungkin di awal mulai membuat konten (blog), Anda bisa menggunakan WordPress.com terlebih dahulu. Jika Anda ahli dalam pembuatan konten, Anda bisa mulai membuat blog dengan WordPress.org.

Promosikan produk dan jasa Anda dengan teknik penulisan yang tepat untuk menarik lebih banyak calon pelanggan. Konsultasikan dengan spesialis kami sekarang! Ingin membuat website tapi bingung memilih antara WordPress atau Blogger? Sebenarnya lebih baik WordPress atau Blogger? Sebelum mengulas lebih detail, ada baiknya kita menyamakan definisi alias persepsi terlebih dahulu.

Sedangkan Blogger merupakan platform yang berada di bawah naungan Google. Cukup memiliki akun Gmail, selanjutnya Anda bisa langsung mendaftar di Blogger.com.

Untuk pemula yang baru belajar cara membuat website, Anda bisa memanfaatkan WordPress.com ini. Pasalnya, kelebihan WordPress.com adalah bisa digunakan secara gratis hingga 3 GB. Selain itu, pembaruan akan ditangani langsung oleh WordPress.com.

Sedangkan kekurangan WordPress.com bisa dikatakan sangat banyak, seperti iklan yang muncul, hanya muncul iklan WordAds, tidak bisa mengumpulkan plugin, template terbatas, bisa tiba-tiba dihapus dari WordPress jika melanggar, dan tidak bisa menambahkan eCommerce. fitur.

WordPress.org tidak sekaku WordPress.com. Pengguna WordPress.org atau self-hosted WordPress berhak untuk mengatur website dari segi tampilan dan fitur sesuai keinginan. Banyak keuntungan yang dimiliki WordPress.com, antara lain kontrol penuh, bisa upload template atau menambahkan plugin, support untuk toko online, dan bisa menayangkan iklan (advertisement) sehingga blog bisa menghasilkan uang.

Sedangkan kekurangan utama WordPress.org adalah Anda harus membayar biaya. Menggunakan WordPress.com Anda harus membeli hosting dan domain, sekitar 300.000 hingga jutaan rupiah per tahun tergantung ruang disk, ekstensi domain, dan fitur pendukung lainnya. Banyak penyedia web hosting Indonesia yang menyediakan layanan web hosting dengan harga terjangkau mulai dari sekitar 10.000 per bulan seperti Niagahoster.

Kesimpulannya, jika Anda menggunakan WordPress.com, Anda akan lebih leluasa mengakses berbagai fungsi dan bebas berkreasi sesuai kebutuhan, meski harus membayar biaya. Hasilnya juga profesional, jadi menurut saya worth it untuk performa yang maksimal.

Banyak orang yang menggunakan blogger karena kelebihan blogger adalah tidak perlu membeli hosting. Berbeda dengan WordPress.org yang akan membeli hosting wordpress Indonesia, Google telah menyediakan hosting Blogger. Hal ini juga yang membuat Blogspot relatif aman dari gangguan karena berada langsung di bawah Google.

Sedangkan kekurangan blogger adalah tidak memiliki kontrol penuh terhadap website karena sewaktu-waktu website tersebut dapat dihapus oleh Google jika terbukti melakukan pelanggaran. Namun hal itu bisa diantisipasi dengan backup secara rutin. Jika Anda merasa tidak melanggar aturan blogspot, saya rasa situs web tersebut akan tetap aman.

Dari segi tampilan, blogspot ini juga tergolong terbatas walaupun banyak template blogspot gratis dan berbayar yang bertebaran. Bahkan, Anda dapat dengan mudah mengetahui apakah sebuah situs web menggunakan Blogger dengan mengacu pada tautan artikel. Pengguna Blogger biasanya memiliki tahun/bulan di belakang nama situs, misalnya nameweb.com/2019/08/how-to-website. Tidak seperti WordPress.com dan WordPress.org, permalink dapat disesuaikan.

Sekarang, pilihan ada di tangan Anda: Anda bisa menggunakan WordPress.com, WordPress.org atau Blogger. Itu semua tergantung pada kebutuhan, tujuan, dan situs web seperti apa yang ingin Anda buat. Pada dasarnya semua memiliki kelebihan dan kekurangan yang bisa dipertimbangkan untuk Anda Eril Obeit Choiri Segui Lulus dengan gelar IT, Eril jatuh cinta dengan Digital Marketing terutama dengan Search Engine Optimization dan Content Writing.

Siapa yang tidak tahu WordPress? Platform website ini sangat terkenal, terutama di kalangan blogger dan pebisnis online, lho.

Namun dengan pesatnya perkembangan teknologi internet, siapapun yang ingin memulai sebuah website bisa melakukannya sendiri dengan WordPress (tanpa coding).

Toh, pengguna internet saat ini banyak sekali, dan kebanyakan dari mereka selalu mencari informasi dari internet.

Saat ini, WordPress memegang rekor sebagai platform website dengan pengguna terbanyak di dunia, yaitu 64,2{50d5d3ca4b382fc55dc1adfea476d05fdc4416f179a947dc4bb4588d6301708b} dari Searchenginejournal.

Meskipun gratis, Anda tidak perlu memiliki domain dan hosting terlebih dahulu, karena WordPress akan memberi Anda subdomain (.wordpress.com) dan penyimpanan gratis sebesar 3 GB.

Karena gratis, tentu fiturnya tidak selengkap dan sebagus yang Anda kira, namun cukup mengakomodir kebutuhan website level pemula, misalnya memposting artikel.

Namun, Anda harus mematuhi dan menghormati semua peraturan dan ketentuan WordPress, dan bersedia menerima kenyataan bahwa WordPress versi gratis ini tidak dapat menginstal plugin dan banyak tema tambahan.

Selain itu, penyimpanan hanya sebesar 3 GB berarti Anda akan dapat mengatur alokasi penggunaan penyimpanan dalam mengunggah berbagai jenis file.

WordPress.org adalah versi yang lebih komprehensif dari WordPress.com. Versi ini memungkinkan Anda untuk mengelola situs web Anda secara bebas, tanpa batasan.

Selain itu, dari segi layanan, forum, tema, dan ketersediaan plugin, WordPress.org sangat bisa memenuhi kebutuhan website mulai dari situs personal hingga situs berskala besar sekalipun.

Untuk domain, Anda bisa membeli domain murah dari provider manapun. Setelah itu, alamat website Anda tidak lagi menggunakan subdomain .wordpress.com.

Setelah itu, Anda akan diminta memasukkan alamat email, nama pengguna, dan kata sandi pengguna. Catat baik-baik semuanya terlebih dahulu agar tidak lupa saat login. Jika sudah, pilih menu “Buat akun Anda”.

Anda akan diminta untuk masuk ke kategori website. Contoh kategori yang kami buat adalah “Digital Marketing”. Buat kategori sesuai keinginan Anda, lalu klik “Lanjutkan” untuk melanjutkan.

Selanjutnya, Anda diminta untuk menjelaskan nama situs tersebut. Belajar Digital Marketing adalah contoh nama situs yang kami gunakan. Nama ini dapat diubah kapan saja. Jadi, Anda tidak perlu khawatir untuk mengisinya. Pilih ‘Lanjutkan’ untuk melanjutkan.

Pada langkah selanjutnya, Anda akan diminta memasukkan alamat domain website Anda. Pastikan nama domain belum ada. Mari kita beri contoh dengan nama “pojokdigitalmarketing” yang nantinya akan menjadi cornerdigitalmarketing.wordpress.com. Pilih bagian “Gratis” agar Anda tidak perlu membayar. Perlu diketahui, platform WordPress.com ini juga menjual domain dan hosting seperti kebanyakan provider

Langkah terakhir, akan ada pilihan berbagai plan yang bisa kamu tambahkan, pilih ‘Start with a free site’ di bagian atas.

Agar performa website bisa bersaing dengan self-hosted WordPress atau website lain di search engine, Anda perlu memaksimalkannya dengan penerapan teknik SEO On-Page.

Dari segi fungsi keduanya tidak jauh berbeda, namun pastikan untuk mengikuti syarat dan ketentuan penggunaan agar blog tidak hilang karena pembatalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *